Silabus Ekonomi Manajerial
Silabus Ekonomi Manajerial 2017 (Student
Centered Learning)
1 Sifat dan Ruang Lingkup Ekonomi
Manajerial
Mahasiswa dapat memahami pengertian ekonomi manajerial sebagai aplikasi
teori dan metode ekonomi dalam praktek pengambilan keputusan managerial,
memahami teori perusahaan bagaimana suatu perusahaan beroperasi, mengerti bahwa
manajer berusaha memaksimalkan nilai perusahaan dengan berbagai batasan dan
model model maksimisasi . Mahasiswa dapat menjelaskan konsep nilai sekarang
dari laba yang diharapkan dimasa datang.
Pokok Bahasan Pemahaman atas pengertian dan peranan ekonomi manajerial
dalam pembuatan keputusan manajerial, ruang lingkup dan hubungan dengan ilmu
ekonomi lain.
1. Pengertian, Sifat dan
ruang lingkup ekonomi manajerial
2. Teori Perusahaan
3. Peranan bisnis dalam
masyarakat
4. Sifat dan teori laba
2 Optimisasi Ekonomi
Mahasiswa dapat memformulasikan nilai perusahaan yang melibatkan faktor
faktor penentu seperti; pendapatan, biaya dan suku diskonto. Dapat mengekspresikan
hubungan ekonomi antara variable dependen dan independen dalam bentuk tabel
persamaan dan grafik seperti hubungan total, rata rata dan marginal. Pengertian
nilai maksimal dan minimal dari suatu fungsi tujuan secara lebih efisien
melalui pendekatan kalkulus
Pokok Bahasan Pemahaman atas penggunaan alat alat ekonomi manajerial untuk
membantu dalam proses menemukan tindakan/keputusan terbaik atas sejumlah
tindakan alternatif yang memberikan hasil yang paling konsisten dengan tujuan
pengambilan keputusan
1. Memaksimalkan nilai
perusahaan
2. Metode metode
pengekpresian hubungan ekonomi
3. Marginal sebagai
derifatif fungsi
4. Kalkulus diffferensial
dan kaedah kaedah penurunan fungsi
5. Memaksimalkan dan
meminimalkan fungsi
3 Fungsi Permintaan Penawaran dan Equilibrium
Pasar
Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi permintaan pasar yaitu hubungan antara
permintaan jumlah suatu produk yang diminta dan semua faktor yang
mempengaruhinya seperti harga barang tersebut, barang lain, pendapatan konsumen
dan selera. Dapat membuat grafik yang menyatakan hubungan antara harga yang
dikenakan dengan jumlah yang diminta. Dapat menghitung dan menggambarkan
pergerakan di sepanjang kurva permintaan yang mencerminkan perubahan harga dan
jumlah yang diminta. Dapat membuat tabulasi dan grafik yang menggambarkan
pergerakan di sepanjang kurva penawaran yang mencerminkan perubahan harga dan
jumlah yang ditawarkan. Dapat membuat tabulasi dan grafik kondisi keseimbangan
dalam jumlah diminta dan ditawarkan
Pokok Bahasan Pemahaman atas penggabungan konsep permintaan dan penawaran
yang memungkinka mahasiswa untuk mengembangkan kerangka kerja untuk
menganalisis menghitung dan menggambarkan fungsi permintaan dan penawaran di
pasar yang menggambarkan interaksi antara pembeli dan penjual
1. Fungsi permintaan
pasar
2. Kurva permintaan dan
hubungannya dengan fungsi permintaan
3. Fungsi penawaran
4. Kurva penawaran dan
hubungannya dengan fungsi penawaran
5. Equilibrium pasar
4 Analisis Sensitivitas/ Elastisitas Kurva
Permintaan
Mahasiswa dapat menjelaskan dan menggunakan konsep utility sebagai ukuran
kepuasan dan kesejahteraan yang diturunkan dari konsumen. Dapat mengukur meng
gambarkan kurva yang mengidentifikasikan semua kombinasi barang jasa yang
memberikan utility sama. Dapat menghitung dan menggambarkan garis anggaran
konsumen. Dapat mengintegrasikan analisis tingkat substitusi marginal harga dan
anggaran untuk menetapkan kombinasi produk yang optimal untuk dikomsumsi.
Mahasiswa dapat menghitung mengukur dan mengetahui efek atas analisis
sensitivitas elastisitas terhadap perubahan dalam faktor faktor yang mendasari
fungsi permintaan
1. Pokok Bahasan
Pemahaman atas peran kritis dari permintaan sebagai profitabilitas yang harus
diketahui informasinya dengan baik terutama tentang derajad sensitivitas
permintaan terhadap perubahan populasi dan pendapatan sehingga dapat dianalisa
perubahannya
2. Dasar permintaan dan
pilihan konsumen
3. konsumsi optimal
4. nalisis elastisitas
permintaan
5. Elastisitas harga
6. Elastisitas dan
kebijakan penetapan harga optimum
7. Elasrisitas harga
silang dari permintaan
8. Pengaruh waktu
terhadap elastisitas
5 Penaksiran Fungsi Permintaan
Mahasiswa dapat menggunakan hubungan permintaan dalam analisis keputusan,
memperkirakan parameter fungsi permintaan, mengidentifikasi fungsi fungsi yang
saling berkaitan, prosedur yang dipergunakan untuk memperkirakan dan
menganalisis hubungan permintaan. Mahasiswa mengerti dan dapat mengestimasi
hubungan antara permintaan produk sengan berbagai variable penting melalui
teknik wawancara dan studi ekperi mentasi pasar. Mahasiswa dapat menggunakan
berbagai bentuk analisa regresi dan mengerti tahap tahap penggunaan analisis
tersebut
1. Pokok Bahasan
Pemahaman atas metode metode yang dapat dipergunakan untuk mendapatkan data
permintaan bagi pengambilan keputusan dalam dunia nyata
2. Identifikasi dan
penaksiran permintaan
3. Wawancara, survey,
eksperimentasi pasar
4. Analisis kualitatif
5. Metade analisis
regresi
6. Metode analisis waktu
dan proyeksi
6 Analisis Prilaku Konsumen
Mahasiswa memahami hubungan antara nilai suatu barang dengan kepuasan yang
diperoleh dari mengkonsumsi barang tersebut. Dapat menghitung tabel skedul
utility dan marginal utility. Dapat melakukan pengukuran ordinal dalam
menganalisis pilihan konsumen dan menurunkan fungsi permintaan. Mahasiswa dapat
menghitung skedul budget line atau garis yang menunjukkan jumlah barang yang
dapat dibeli dengan jumlah pendapatan/ anggaran tertentu pada tingkat harga
tertentu. Mahasiswa dapat menurunkan fungsi permintaan baik secara grafik dan
matematik dari kurva indeferens
Pokok Bahasan Pemahaman atas penggunaan teknik teknik/pendekatan yang dapat
dipergunakan untuk menjelaskan dan meramalkan produk yang akan dipilih konsumen
pada tingkat pendapatan dan harga tertentu
1. Pendekatan utility
2. Pendekatan kurva
indeverens
3. Garis anggaran dan
pilihan konsumen
4. penurunan ke kurva
permintaan
7 Fungsi Produksi
Mahasiswa dapat merepresentasikan tabel dari system produksi yang
memperlihatkan jumlah maksimum Q yang dapat diproduksi dengan kombinasi X dan Y
tertentu. Dapat melakukan proses optimumisasi analisis hubungan antara nilai
total, marginal dari sebuah fungsi untuk memperkirakan produk total rata rata
dan marginal. Dapat menghitung nilai ekonomi dari suatu unit marginal faktor
produksi tertentu yang dipergunakan dalam produksi produk tertentu. Dapat
menghitung dan membuat grafik proporsi kombinasi masukan yang optimal
Pokok Bahasan Pemahaman atas penggunaan masukan dalam suatu fungsi produksi
untuk menciptakan output keluaran yang efisien dan bagaimana sumber daya
dipergunakan untuk menghasilkan produk perusahaan
1. Skedul dan fungsi
produksi total dan marginal rata rata
2. Pilihan kombinasi
masukan
3. peran pendapatan dan
biaya dalam praduksi
4. Kombinasi optimal dari
beberapa masukan
5. Fungsi produksi
emphiris
8 Teori Biaya
Mahasiswa dapat memahami dan menerangkan kondep dari pengertian biaya
relevan, biaya kesempatan, biaya eksplisit dan implisit. Dapat membedakan biaya
inkremental dan sunk cost, biaya jangka pendek dan panjang. Mahasiswa dapat
menggambarkan kurva biaya jangka pendek dan kurva biaya jangka panjang.
Menerangkan lebih mendalam tentang skala produksi yang ekonomis dari hubungan
antara biaya jangka panjang dan pendek LRAC. Dapat memahami dan menggunakan
teknik analisis yang digunakan untuk mempelajari hubungan antara biaya,
penerimaan dan laba
Pokok Bahasan Pemahaman atas biaya biaya yang timbul dalam kombinasi
penggunaan input yang optimal untuk menghasilkan tingkat output maksimal dan
konsep biaya untuk pengambilan keputusan
1. Konsep biaya relevan
2. Biaya ekplisit dan
implicit
3. Biaya inkremental dan
sunk cost
4. Biaya jangka pendek
dan panjang
5. Kurva biaya jangka
pendek dan panjang
6. Analisis pulang pokok
dan kontribusi laba
9 Analisis Penaksiran dan Peramalan Biaya
Mahasiswa dapat menghitung dan membuat skedul serta menyajikan dalam kurva
biaya total, tetap rata rata, variable rata rata, total rata rata dan biaya
marginal. Dapat menghitung dan menganalisis gradien tingkat perubahan TC pada
interval output tertentu. Dapat menggunakan metode penaksiran biaya jangka
panjang dengan analisis regresi dan data seksi silang. Dapat menggambarkan
kurva Long / Short Run Average Cost ( LRAC) dan (SRAC)
1. Pokok Bahasan
Pemahaman atas metode dan analisis penaksiran dan peramalan biaya untuk
pengambilan keputusan dan menemukan bentuk dan posisi kurva biaya dari suatu
perusahaan/proses produksi P
2. Penaksiran biaya
jangka pendek
3. Kurva biaya jangka
pendek
4. penaksiran dan kurva
biaya jangka panjang
5. Kurva belajar
10 Struktur Pasar
Mahasiswa dapat menerangkan unsur unsur utama yang menentukan / berpengaruh
terhadap bentuk struktur pasar. Menjelaskan persyaratan suatu pasar persaingan
sempurna dan dapat menjelaskan dan menggambarkan skedul penawaran pasar dan
permintaan harganya, keseimbangan jangka panjang dalam persaingan sempurna.
Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik dari pasar monopoli, keputusan
penetapan harga/output dan keseimbangan jangka panjang dalam pasar monopoli,
monopolistik dan oligopoli
1. Pokok Bahasan
Pemahaman atas bagaimana permintaan, produksi dan biaya berinteraksi dan membentuk
struktur pasar yang dihadapi perusahaan
2. Klasifikasi dan faktor
penentu struktur pasar
3. Perbandingan antara
pasar persaingan sempurna dan monopoli
4. Pasar persaingan
sempurna
5. Pasar monopoli
6. Pasar persaingan
monopolistic
7. Pasar oligopoly
8. Strategi persaingan
dalam berbagai struktur pasar
11. Praktek Penetapan Harga
Mahasiswa dapat menerangkan dan menghitung cara penetapan harga secara mark
up baik atas biaya maupun harga, penetapan harga yang berbeda di berbagai
pasar. Mahasiswa dapat menganalisis dan menghitung penetapan harga produk untuk
produksi lebih dari satu produk dan penetapan harga pada pasar yang telah mapan
Pokok Bahasan Pemahaman atas praktek penetahan harga berdasarkan hubungan
antara biaya marginal dan pendapatan marginal untuk memaksimalkan laba.
1. Penetapan harga mark
up
2. Diskriminasi harga
3. penetapan harga produk
berganda
4. penetapan harga dalam
pasar yang mapan
12 Pengambilan Keputusan dalam
Ketidakpastian
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep risiko dalam analisa ekonomi dan dapat
membuat ukuran dan perhitungan skedul distribusi probabilistas risiko dari
suatu peristiwa. Dapat menerangkan sikap yang berbeda dari suatu keputusan
menghadapi risiko sesuai utilitasnya. Mahasiswa dapat menghitung tingkat
ketidakpastian probabilitas dan nilai harapan dari suatu peristiwa. Mahasiswa
dapat menggunakan berbagai alat teknik pengambilan keputusan dalam
ketidakpastian
1. Pokok Bahasan
Pemahaman atas bagaimana membuat keputusan produksi dan komsumsi dalam kondisi
ketidakpastian
2. Risiko dalam analisis
ekonomi
3. Probabilitas dan nilai
harapan
4. Pengukuran risiko
5. Teknik pengambilak
keputusan dalam ketidakpastian
13 Keputusan Investasi & Penganggaran
Modal
Mahasiswa memahami kaedah NPV dan prosedur penggunaannya atas pengambilan
keputusan menerima atau menolak proyek proyek investasi. Dapat menghitung
skedul perkiraan penerimaan biaya proyek dan aliran kas yang diharapkan dengan
tingkat diskonto yang ada dalam suatu proyek invstasi. Dapat menjelaskan kaedah
kaedah lain pengukuran proyek investasi selain NPV.
1. Pokok Bahasan
Pemahaman atas prinsip prinsip pokok dalam pengambilan keputusan investasi
seperti menghitung NPV suatu proyek investasi dengan memasukkan faktor
ketidakpastian
2. Net Present Value
3. Perkiraan penerimaan
biaya proyek dan aliran kas yang diharapkan dari suatu tingkat diskonto
4. Capital rationing
Referensi
• Lincolin Arsyad, Ekonomi Managerial, Emonomi Mikro Terapan Untuk
Manajemen Bisnis, BPFE Yogyajarta 2000
• James Pappas, Mark Hirsehey, Managerial Economics, Edisi Indonesia
Binarupa Aksara Jakarta 1995
• Vincent Gaspersz, Ekonomi Managerial Manajemen Bisnis Total, Gramedia
Pustaka Utama, 1996
• Michael R Baye, Managerial Economics and Business Strategy, Mc Graw Hill,
2000
Komentar
Posting Komentar